Open Conference Systems, The 1st Seno Dimas

Font Size: 
4 Tips Meningkatkan Nilai Jual Kerupuk Ikan
Muhammad Khoirul Umam, Rita Amalia

Last modified: 2022-07-05

Abstract


Usaha kerupuk ikan desa Karangaji kecamatan Kedung kabupaten Jepara sebagai mitra sasaran mempunyai beberapa permasalahan. Permasalahan pertama yaitu cuaca buruk seperti hujan dan ombak tinggi, sehingga sebagian besar masyarakat tidak bisa melaut, berakibat langkanya bahan baku ikan dan dalam produksi terkendala dalam proses pengeringan karena sering hujan. Permasalahan kedua, belum terdapat pembukuan keuangan manual yang dijadikan panduan bagi mitra dalam mengelola usaha. Permasalahan ketiga adalah pemasaran yang masih belum maksimal karena kurangnya informasi atau promosi. Permasalahan keempat kemasan produk kurang menarik. Dengan beberapa permasalahan yang dialami mitra, tim KKN yang menggandeng mitra kerupuk ikan bertujuan ingin meningkatkan kualitas dan mutu kerupuk ikan khas karangaji dengan beberapa metode diantaranya sosialisasi, pendampingan dan evaluasi. Sosialisasi yang dilakukan kepada mitra yaitu pada program pemasaran digital dan pembukuan keuangan yang diwadahi dalam kegiatan webinar dilaksanakan pada tanggal 13 Februari yang dihadiri oleh mitra dan masyarakat desa karangaji. Kegiatan pendampingan dilaksanakan pada program pembaharuan desain kemasan dan ketahanan produk. Desain kemasan mitra yang awalnya sederhana hanya tulisan merek dan nomor HP, kami ubah menjadi lebih modern dari segi digitalisasi maupun secara fisik yaitu yang awalnya kertas biasa menjadi stiker. Pendampingan pada program ketahanan produk kami mendampingi mitra dalam proses pengepresan juga mengajari mitra bagaimana menggunakan alat press selanjutnya kami memberikan alat press kepada mitra. Proses evaluasi kami lakukan sebagai tindak lanjut atas program yang kami jalankan bersama mitra.

Kata kunciĀ : kerupuk ikan, pemasaran digital, pembukuan keuangan, desain

Full Text: PDF