Open Conference Systems, The 1st Seno Dimas

Font Size: 
Analisis Konsep Logo Rengginan Hanum Sebagai Identitas Visual Dalam Peningkatan Daya Tarik Konsumen
Ulfa Izzatun Fauziyah, Dwi Agus Susila, Agus Prima Sorry

Last modified: 2022-07-01

Abstract


UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak dipilih oleh masyarakat sebagai peluang bisnis perorangan. Jumlah UMKM yang semakin bertambah setiap tahun membuat ekosistem bisnis yang kompetitif. Kondisi tersebut mendorong pemilik UMKM untuk terus berinovasi dan lebih kreatif dalam menciptakan sebuah produk. Selain peningkatan kualitas dan kuantitas yang harus selalu di utamakan untuk meningkatkan penjualan, peningkatan nilai produk melalui pembuatan logo yang menarik juga dapat menjadi solusi. Konsep logo yang melekat pada UMKM Rengginan Hanum belum menciptakan identitas visual yang dapat meningkatkan daya tarik konsumen. Padahal disisi lain perkembangan makanan ringan Rengginan Hanum memilki peluang yang besar untuk dipasarkan secara luas. Oleh karena itu perlu dilakukan redesign logo dan agar dapat menciptakan identitas visual yang menarik dan selalu di ingat oleh konsumen. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara, metode perancangan tugas dengan metode kualitatif dan analisis data menggunakan teknik analisis SWOT. Konsep perancangan digunakan untuk mengumpulkan data yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan konsep visual. Hasil akhir yang didapat berupa pembuatan ulang logo sebagai identitas visual.

Full Text: PDF