Open Conference Systems, The 1st Seno Dimas

Font Size: 
ASSESSMENT OF THE IMPACT OF GREEN MARKETING ON CONSUMERS’ GREEN PURCHASE INTENTION IN FAST FASHION INDUSTRY: CASE OF UNIQLO INDONESIA
Bernadette Evelyn Hadeli

Last modified: 2022-07-17

Abstract


Abstrak

Seiring dengan meningkatnya permintaan untuk produk fesyen, industri fesyen di Indonesia pun ikut berkembang. Dengan semakin ketatnya persaingan di industri, banyak brand fesyen yang menerapkan strategi “fast fashion” yang berdampak negative pada lingkungan karena limbah yang mencemari dan merusak lingkungan alam dan ekosistem di sekitarnya. Di Indonesia, konsumen semakin sadar akan masalah-masalah lingkungan yang disebabkan oleh industri fesyen. Sebagai bentuk penanggulangan, brand fast fashion telah mengikutsertaskan aspek hijau ke dalam strategi pemasarannya. Hal ini termasuk dilakukan oleh UNIQLO Indonesia. Walaupun dinilai lebih baik dalam menerapkan pemasaran hijau, UNIQLO Indonesia masih kalah ketika dibandingkan dengan kompetitornya jika dilihat dari segi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pandangan konsumen terhadap pemasaran hijau UNIQLO Indonesia, sekaligus menguji bagaimana pemasaran hijau mempengaruhi niat beli hijau di kalangan konsumen UNIQLO Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, yaitu dengan mewawancari konsumen UNIQLO Indonesia, dan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan menggunakan survei daring untuk mengumpulkan informasi dari konsumen UNIQLO Indonesia yang pernah membeli setidaknya satu produk dari UNIQLO Indonesia dalam satu tahun terakhir. Peneliti menggunakan pengkodean terbuka untuk menganalisis hasil interview, dan menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis hasil survey. Hasil menunjukkan bahwa strategi pemasaran hijau UNIQLO Indonesia dipersepsi secara baik oleh konsumen. Hal ini dibuktikan dengan respon positif yang ditunjukkan oleh konsumen. Konsumen juga sangat menyadari strategi pemasaran hijau yang diterapkan oleh UNIQLO Indonesia. Selain itu, diketahui juga bahwa hubungan antara pemasaran hijau dan niat pembelian hijau dimediasi oleh 3 faktor, yaitu: pengetahuan hijau, sikap hijau, dan citra merek hijau.

 

Kata Kunci: Pemasaran Hijau, Minat Pembelian Hijau, UNIQLO Indonesia, PLS-SEM


Full Text: PDF