Open Conference Systems, The 1st Seno Dimas

Font Size: 
Pelatihan dan Klinik Review Artikel Bagi Guru Sekolah Dasar se Desa Ngasem Batealit Jepara Jawa Tengah
Anggita Putri Permatasari, Septiana Nur Fauzia, Nur Saidah, Aliva Rosdiana, Gilang Ramadhan, Ahmad Thoriqul Hakim, Dwi Novianto Pratama, Devi Riskiyanti, Muhammad Dicky Kurniawan, Noviana Nur Azizah, Alieffiya Faricha

Last modified: 2022-07-05

Abstract


Abstrak : Untuk mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah, guru idealnya memiliki kemampuan menulis yang memadai. Namun tak semua guru memiliki pengetahuan tentang teknik penulisan artikel di media massa. Maka, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Abdimas XII Unisnu Jepara Desa Ngasem berkolaborasi bersama SUARABARU.ID untuk melaksanakan pengabdian masyarakat bermitrakan guru-guru SD di Desa Ngasem Jepara. yang bertujuan untuk memberdayakan guru sekolah dasar di Desa Ngasem dalam pelatihan dan review klinik artikel. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dan pendampingan. Program dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2022 bermitrakan guru sekolah dasar se Desa Ngasem Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Hasil yang diperoleh dari program ini adalah (1) meningkatkan kemauan guru-guru menulis artikel hasil penelitian di media massa, (2) meningkatkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan guru-guru menulis artikel tersebut, meliputi pemahaman: (a) mengidentifikasi, memilih dan merumuskan topik dan judul, (b) menyusun kerangka tulisan (outline), (c) mengumpulkan bahan-bahan tulisan, mengorganisasikan, dan mengonsep tulisan, dan (d) menulis rtikel dan menyunting. Manfaat dari kegiatan ini adalah (1) guru-guru SD di desa Ngasem mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam membuat/menulis artikel secara intensif, (2) wawasan dan keterampilan guru-guru SD untuk meningkat dalam membuat/menulis artikel ilmiah. Adapun luaran yang dihasilkan dalam pengabdian ini adalah publikasi media massa online di SUARABARU.ID, publikasi artikel jurnal, dan publikasi seminar nasional.

 

Kata kunci: Pelatihan dan review klinik artikel, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Abdimas XII Unisnu Jepara Desa Ngasem, Gerakan Literasi Sekolah, guru menulis.

Full Text: PDF